10 Tips Agar Ibu Rumah Tangga Tidak Gampang Stress

Bagi anda yg tetapkan untuk sebagai full timer mak tempat tinggal tangga selamat anda sudah menemukan artikel yang paripurna, semoga artikel ini mampu menjadi bahan surat keterangan saat anda mengalami kebosanan pada saat menjalani rutinitas sehari-hari yang itu-itu saja.

ibu-rumah-tangga-gampang-stress

Rutinitas bunda rumah tangga apa saja yang mungkin mampu membangun kita bosan

  1. Bangun pagi dan menyiapkan sarapan bagi suami
  2. Setelah sarapan suami beres, gantian menyiapkan sarapan bagi si kecil
  3. Memandikan si kecil
  4. Menemani si kecil bermain dan belajar
  5. Menyiapkan makan siang
  6. Memberikan si kecil makan siang dan snack
  7. Menjelang sore bermain dan memandikan si kecil
  8. Menyiapkan makan malam
  9. Bermain lagi dengan si kecil dan menyiapkan waktu tidur
  10. Ibu tidur malam
  11. Mengulangi lagi dari nomor 1

Wow sungguh rutinitas yang terlihat sangat padat dan melelahkan ya. Mungkin bagi sebagian ibu rutinitas seperti ini yang mereka jalanin sehari-harinya. Dilanda kebosanan tentu saja merupakan hal yang wajar bukan.

Tidak sedikit dari ibu yang bisa saja mengalami stress dan penuh tekanan dengan rutinitas yang itu-itu saja, perlu refreshing dong ya.

Berikut beberapa cara yang mungkin bisa dicoba agar si ibu tidak gampang stress nih :

1.Jangan terlalu sering melihat sosmed orang lain agar tidak membandingkan kehidupan kita dengan yang lain

Yap, terkadang sosmed memang bisa menjadi “racun” di dalam kehidupan kita sendiri, karena kita bakal membandingkan hidup kita dengan hidup orang lain. Perlu anda ketahui di sosmed kebanyakan orang hanya menampilkan sisi positif dan senang-senang saja di dalam keseharian yang mereka lakukan. Jarang sekali ada yang mengumbar kehidupan negative yang mereka alami, seperti yang kita ketahui bahwa tidak selamanya hidup yang kita jalani mulus-mulus saja bukan. Jadi mulai dari sekarang jangan sering stalking sosmed orang lain apabila anda termasuk orang yang sering iri dengan yang lain.

2.Makan dan minum teratur, karena kelaparan dan dehidrasi bisa memicu stress

Ibu rumah tangga yang baik tentunya yang bisa menyediakan makanan bagi suami dan anak. Tapi jangan lupa ibu bukan robot yang tidak perlu makan dan minum, jangan saking kelewat semangat dalam melayani suami dan anak malahan si ibu sampai lupa makan dan minum. Tentu saja hal seperti ini bisa menjadi hal yang kurang baik bagi kesehatan si ibu. Jangan sampai anda sakit gara-gara tidak makan secara teratur, karena apabila ibu sakit akan lebih kerepotan nantinya dalam mengurus rumah bukan. Jadi perlu diperhatikan kesehatan diri sendiri juga ya.

Baca ini : Menu sarapan yang sehat bagi jantung kita

3.Memiliki waktu “Me Time

Di sela-sela rutinitas ibu yang padat seperti yang sudah disampaikan di atas apakah ibu rumah tangga masi bisa memiliki waktu buat diri sendiri? Tentunya masi bisa dong, mungkin bisa diakali dengan bangun pagi yang lebih dulu dibanding waktu bangun anak dan suami. Sempatkan untuk bermeditasi atau melakukan hal yang anda sukai yang bisa dilakukan di waktu pagi. Bisa juga dengan cara meminta suami untuk menjaga anak sebentar setelah selesai bekerja, komunikasikan dan meminta pengertian dari suami merupakan cara yang terbaik.

4.Memiliki catatan tentang kegiatan apa yang ingin dilakukan dalam waktu sehari

Agar tidak gampang stress dengan kegiatan yang seabrek dan mungkin saja ada hal kecil yang mudah terlewat seperti misalnya : membeli susu anak, membayar tagihan bulanan, atau seperti janjian makan siang dengan ibu mertua. Baiknya bagi ibu memiliki catatan atau to-do-list yang telah disiapkan agar keseharian menjadi lebih produktif dan tidak ada yang terlewatkan. Dengan catatan ini sangat membantu bagi ibu yang kesehariannya memiliki banyak aktivitas.

5.Jangan terlalu berharap pada kebersihan dan kerapian rumah saat sudah memiliki anak kecil

Bagi anda yang suka dengan kerapian dan kebersihan rumah sebaiknya menurunkan standar anda setelah mempunyai anak kecil. Sering sekali rumah bakal berantakan seperti kapal pecah apabila sudah mempunyai anak. Hal ini sangat lumrah terjadi saat si kecil bermain dan mulai menghamburkan barang-barang di sekitar yang dapat terjangkau dengan tangan kecil yang mereka miliki. Jangan marah dan menjadi stress apabila hal ini terjadi ya, jangan sampai anda kelelahan dalam menjaga kerapian rumah.

6.Bergaul dengan ibu-ibu lain agar bisa saling curhat dan sharing

Mempunyai teman dan komunitas sesama ibu-ibu rumah tangga terkadang dapat membantu kita dalam pengembangan diri dan menambah pengetahuan pula dalam menjalani kehidupan rumah tangga. Saling sharing dan berbagi di dalam komunitas bisa mendewasakan diri kita sendiri, tapi mencari komunitas yang positif ya. Bukan komunitas yang kerjaan nya menggosip sepanjang hari membicarakan tetangga atau ibu lainnya.

7.Melakukan perawatan terhadap diri sendiri

Kulit muka kusam, rambut tidak terawat, perut menggelambir bisa menjadi tanda bahwa sudah saatnya anda melakukan perawatan. Setelah sibuk dengan kegiatan rumah tangga tidak ada salahnya anda memberikan reward terhadap diri sendiri yang telah bekerja keras selama ini bukan. Anggaplah kegiatan ini sebagai hadiah karena anda telah melakukan kerjaan rumah tangga secara baik dan benar. Apabila tidak bisa melakukan perawatan di tempat professional, bisa saja dilakukan di rumah di sela-sela waktu si kecil tidur. Banyak jalan menuju Roma ya.

Baca ini : Cara menghilangkan perut menggelambir dalam seminggu

8.Jangan mengurung diri di dalam rumah

Kalau anda seorang introvert tentu saja tidak ada masalah berada di rumah dalam jangka waktu yang lama, malahan anda akan senang dengan kegiatan seperti ini. Berbeda dengan seorang extrovert yang menyukai keramaian dan berkomunikasi dengan orang-orang di sekitar. Tipe seperti ini akan lebih gampang stress apabila terlalu sering mengurung diri di rumah. Ajaklah si kecil sesekali ke supermarket di dekat rumah untuk membeli kebutuhan atau bisa mengajak si kecil bermain-main di taman untuk refreshing.

9.Menyempatkan waktu untuk berolahraga

Olahraga sendiri dapat membantu melepaskan hormon-hormon di dalam tubuh yang bisa membuat diri gampang stress. Tidak perlu olahraga berat seperti angkat beban atau lari marathon, bisa dengan olahraga seperti yoga atau pilates yang dapat membuat diri sendiri menjadi rileks. Selain tidak gampang stress, olahraga tentunya baik bagi kesehatan kita ya. Jadi jangan sampai di abaikan, gantilah jadwal kita menonton gossip dengan berolahraga.

Baca ini : Ternyata ini olahraga yang dapat dilakukan di rumah

10.Berkomunikasi dengan suami

Ini nih yang paling penting di dalam menjalani kehidupan rumah tangga yang harmonis. Berkomunikasi dan saling sharing dengan suami bisa menjadi cara paling ampuh agar ibu tidak gampang menjadi stress, kehidupan rumah tangga tidak dijalani sendiri bukan. Berbagilah dengan suami apabila mengalami beban yang berat, karena pekerjaan akan lebih ringan apabila dilakukan berdua dibanding sendirian. Pillow talk dapat menjadi salah satu cara bagi anda dan suami yang mempunyai kesibukan yang sama-sama padat. Usahakan menyempatkan saling berbicara dan berbagi tentang kegiatan apa saja yang dilakukan dalam sehari sebelum anda berdua beristirahat di malam hari.

Sekiranya artikel ini bermanfaat, boleh di share ke teman-temannya ya. Terima kasih.

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *