Anak Kecanduan Gadget Tak Selamanya Negatif

Tips Ampuh Agar Anak Tidak Kecanduan Gadget !!

?Guru kencing berdiri, anak didik kencing berlari?

Pernah mendengar pepatah di atas? Ya mungkin bisa sedikit menggambarkan kenapa anak kita bisa kecanduan terhadap gadget.

anak-kecanduan-gadget

Penyebab anak kecanduan terhadap gadget

Jaman sekarang sapa yang tidak mengenal gadget? Rasanya tidak mungkin tidak mengenal benda yang satu ini. Dijaman sekarang gadget termasuk barang dalam kebutuhan primer, ibarat kata lebih baik ketinggalan dompet dibanding ketinggalan gadget.

Bagi anda orang tua yang terlalu acapkali berkutat menggunakan gadget nya baik itu buat urusan pekerjaan atau cuman buat melihat-lihat social media usahakan nir melakukan hal tadi pada depan anak anda.

Mengapa demikian? Agar anak kita nir meniru tingkah laku orang tuanya yg sehari-hari nir sanggup lepas berdasarkan yg namanya gadget.

Seperti yang kita ketahui anak mini cenderung meniru atau bertingkah laris sesuai memakai apa yang ditinjau dan dirasakan pada lingkungan sekitarnya. Jadi bila anda tidak ingin anak anda ke depannya bakal kecanduan menggunakan gadget, baiknya langkah awalnya dimulai menurut orang tua sendiri.

Jadilah model orang tua yg baik & bisa menaruh teladan pada anak. Lantaran sekali anak kecanduan gadget pada usia dini akan memberikan banyak kerugian contohnya :

  • Anak akan lebih sering main gadget dibanding main dengan orang tua sehingga waktu bermain dengan anak akan berkurang.
  • Anak akan jarang bermain diluar, menurut penelitian anak yang sering bermain diluar akan lebih sehat dibanding anak yang menghabiskan lebih banyak waktunya bermain di dalam rumah.
  • Anak bisa menjadi anti social, dikarenakan asik dengan dunia digital anak bisa lupa dengan teman-temannya dilingkungan sekitar.
  • Mata rawan minus dikarenakan melihat layar hp terlalu lama
  • Terdampak radiasi gadget itu sendiri

Bagi orang tua tentunya memiliki cara mengasuh anak yg berbeda-beda. Tapi yang perlu kita ingat adalah, yang menciptakan anak kita bahagia belum tentu baik bagi beliau.

Baca juga : Cara menaikkan konsentrasi belajar pada anak

apabila anak anda telah mempunyai ciri-ciri misalnya dalam bawah ini sanggup jadi mereka telah kecanduan terhadap gadget

anak-kecanduan-main-gadget

  • Tidak bisa dikasitau, apabila anda sudah tidak didengarkan ini merupakan tanda-tanda awal kecanduan.
  • Marah saat disuruh berhenti, tidak boleh dibiasakan apabila anak marah-marah kepada orang tua dikarenakan hal seperti ini.
  • Melakukan kegiatan sehari-hari ditemani gadget, misalnya : saat makan, saat mau tidur, saat lagi santai-santai

Cara mengatasi kecanduan gadget dalam anak

Nah yang ini susah-susah gampang ya tapi sebaiknya kecanduan terhadap gadget segera diatasi, berikut beberapa tips nya:

1.Memberikan penerangan

Cara yg paling baik merupakan memberikan penjelasan terlebih dahulu apa gunanya, baik

2.Jangan membiasakan gadget sebagai pemancing

Tak sedikit orang tua jaman sekarang yang menggunakan gadget agar anaknya lebih gampang makan, lebih gampang tidur, agar anak tidak rewel. Kebiasaan yang dibuat sendiri oleh orang tua inilah yang sebaiknya dihentikan.

3.Membatasi penggunaan

Memberikan waktu-waktu tertentu anak boleh memainkan gadget, hal ini kembali lagi kebijakan dari orang tua masing-masing.

4.Melakukan pengalihan

Orang tua bisa mengajak anak main di luar, mengajak anak bercerita di waktu makan, membacakan dongeng waktu ingin tidur, banyak hal yang bisa dilakukan yang tentunya lebih positif bagi tumbuh kembang anak kita.

5.Menjadi panutan

Jadikan diri sendiri sebagai contoh yang baik dan benar bagi anak.

Baca juga :

  • Apa itu autisme?
  • Kenali ciri-ciri autis sejak dini sebelum terlambat

Sudah cukup deh membahas tentang dampak negatif nya, ternyata gadget sendiri juga memiliki dampak positif lho.

1.Cenderung lebih kreatif

Banyak tersedia jenis-jenis permainan sekarang yang bersifat edukatif, hal ini bisa menjadi salah satu contoh yang membuat anak kita bakalan menjadi lebih kreatif.

2.Melatih fungsi otak

Bisa berguna untuk melatih koordinasi tangan dan mata, serta rasa ingin tau anak dalam belajar cara memakai gadget. Tak sedikit anak yang bisa memakai gadget tanpa diajari oleh orang tua, bahkan mungkin di jaman sekarang malahan orang tua yang diajari oleh anaknya dalam menggunakan gadget.

3.Memperluas wawasan

Internet jaman sekarang merupakan sumber informasi yang tidak ada ujungnya, semua yang ingin kita tahu rata-rata ada di dalam internet. Hal seperti ini bisa berdampak baik dan buruk juga ya, alangkah baikny penggunaan internet bagi anak masi dalam tahap pengawasan orang tua. Gunanya untuk menghindari anak mengakses hal-hal yang belum sesuai atau tidak pantas.

4.Mengajarkan bersosialiasi

Jaman media social tidak bisa dipungkiri menambah lingkungan pertemanan, biasanya teman di dunia maya lebih banyak daripada teman di dunia nyata. Pendampingan orang tua dalam mengajarkan sosialiasi di dunia maya sangat diperlukan.

Segala sesuatu memiliki positif negatif, pro kontra, baik buruk. Gunakan gadget yang sewajarnya dan sekiranya memberikan nilai positif bagi kita dan lingkungan sekitar.

Sekiranya artikel ini informatif tolong di share ya, terima kasih.

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *