Apa Yang Terjadi Apabila si Kecil MPASI Terlalu Cepat?

Apakah anda termasuk orang tua yg telah tidak tabah si mini buat cepat makan? Tapi alangkah baiknya buat nir menaruh MPASI sebelum si kecil menginjak usia 6 bulan ya. Mengapa demikian? Dibawah ini yang dapat terjadi bila ibu memberikan MPASI terlalu dini.

bayi-mpasi-kecepatan

1.Sistem pencernaan dipaksa bekerja terlalu keras

Di bawah usia 6 bulan system pencernaan pada bayi belum bisa bekerja secara sempurna. Jadi apabila sudah diberikan MPASI sebelum menginjak usia 6 bulan takutnya makanan yang masuk tidak akan bisa dicerna secara baik. Ujung-ujungnya akan menyebabkan gangguan pada system pencernaan nya, seperti konstipasi atau menimbulkan gas di dalam perut.

dua.Membuat bayi cenderung sebagai gemuk atau obesitas

Karena telah dikenalkan makanan sejak usia dini maka bayi beresiko memiliki pola makan yang kurang teratur dan tidak sesuai dengan tubuhnya. Sehingga akan menyebabkan bayi terbiasa makan banyak ataupun berlebihan yang akhirnya akan menyebabkan kegemukan atau obesitas.

3.Dapat mengakibatkan Diare atau Sembelit

Ya balik lagi ini masih berhubungan dengan system pencernaan yang belum sempurna sehingga akan menyebabkan gangguan yang bisa sampai menyebabkan sembelit bahkan diare. Tidak mau hal ini terjadi pada si kecil kan, alangkah baiknya jangan terlalu memaksakan untuk memberikan MPASI apabila belum sesuai dengan umur yang telah di tentukan untuk keamanan dan kenyamanan si kecil.

4.Kram dalam usus

Kram pada usus akan menyebabkan bayi gampang kolik, sehingga akan menyebabkan bayi sering menangis dalam waktu yang lama. Selain itu akan berkaitan juga dengan kesehatan pada usus si kecil dikarenakan usus masih belum siap dalam mencerna makanan.

5.Sel pada usus belum siap menerima masakan

Bisa menyebabkan alergi makanan, dampak dari alergi makanan tentu saja berbeda-beda. Karena si kecil masi belum bisa berkomunikasi akan lebih susah memantau apa saja kira-kira yang menyebabkan alergi pada si kecil bukan.

Baca pula :

  • Cara mengatasi anak yang kecanduan gadget
  • Cara mengatasi anak yang sedang GTM
  • Cara mengatasi anak yang sedang rewel saat tumbuh gigi
Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *