Bagaimana Cara Mendidik Anak Agar Tidak Manja

PapiiLio – Bisa mendidik anak menjadi pribadi yang mandiri, bertanggung jawab dan bisa diandalkan mungkin menjadi cita-cita setiap orang tua. Sungguh menyenangkan melihat tingkah laku anak-anak yang tidak mudah rewel ataupun cengeng. Pasti dari anda pernah ada yang melihat anak menangis di tempat perbelanjaan karena tidak dibelikan mainan oleh orang tua mereka.

tips-mengatasi-anak-manja

Anak akan menjadi pribadi yang manja bisa jadi karena didikan dari orang tua itu sendiri karena dibiasakan menuruti semua yang anak inginkan. Memang tidak salah selagi orang tua masi mampu dan yang diminta oleh anak berguna dan baik bagi tumbuh kembangnya bukan. Tapi ternyata sifat manja yang dimiliki anak-anak bisa terus menempel menjadi kebiasaan yang akan terbawa hingga usia remaja atau dewasa.

Alangkah baiknya untuk orang tua agar tidak membiasakan tingkah laku manja tersebut karena kurang baik dari sisi psikologis anak dan lingkungan sekitar nya kelak.

Tips mendidik anak agar tidak manja 1.Menerapkan aturan yang harus diikuti

Sebaiknya orang tua menerapkan aturan yang wajib diikuti oleh anak, hal seperti ini dapat mengajarkan anak untuk belajar disiplin sejak usia dini lho. Misalnya untuk makan bersama di meja makan, peraturan seperti ini memberikan banyak manfaat selain orang tua dapat memantau makanan apa saja yang dikonsumsi oleh anak selain itu juga mengajarkan kebersamaan dengan keluarga.

Aturan yang dibuat sebaiknya masi dalam tahapan wajar yang tidak membuat anak merasa terbeban ataupun susah dilakukan. Sebaiknya berkonsultasi dengan pasangan agar aturan tersebut bisa dijalankan oleh anggota keluarga.

2.Mengajarkan sejak dini untuk berusaha mendapatkan apa yang diinginkan

Ada baiknya untuk membiasakan si kecil untuk berusaha mendapatkan apa yang mereka inginkan melalui sebuah usaha terlebih dahulu, gunanya untuk mencegah anak terbiasa meminta semuanya dari orang tua dan tumbuh menjadi pribadi yang malas berusaha.

Contoh kecilnya seperti nilai ujian yang baik bisa di tukar dengan mainan, secara tidak langsung kita bisa menanamkan bahwa untuk mendapatkan mainan mereka perlu belajar terlebih dahulu agar nilai ujian mereka baik dan memuaskan. Dan tidak sedikit dari anak malahan akan menjadi lebih rajin dalam belajar dan kedepannya mereka tidak perlu disuruh-suruh untuk belajar lagi.

3.Membiasakan anak mandiri dalam melakukan sesuatu

Apakah anda orang tua yang membiarkan anak-anak untuk merapikan ranjang mereka sendiri? Atau anda tipikal orang tua yang akan merapikan segala sesuatu yang mereka buat berantakan? Kira-kira dari 2 tipe ini mana sih yang lebih baik?

Apabila anda ingin memiliki anak yang tidak manja sebaiknya membiasakan mereka untuk melakukan segala sesuatunya sendiri sejak masi usia dini, karena seiring dengan berjalan nya waktu maka hal-hal kecil tersebut akan menjadi kebiasaan baik yang akan terbawa hingga mereka bertumbuh menjadi dewasa. Ingat dari hal-hal sepele seperti itu dapat menjadikan pribadi anak menjadi lebih disiplin dan tidak mau merepotkan orang lain.

Baca ini : 10 Cara meningkatkan daya tahan tubuh anak

4.Jangan takut membuat anak kecewa karena tidak dituruti keinginannya

Kecewa apabila tidak dituruti menjadi suatu hal yang lumrah dirasakan oleh manusia, sebagai orang tua memang tidak selamanya dapat menuruti keinginan yang anak kita inginkan bukan. Memang tidak semudah itu untuk melihat anak kecewa, tapi apabila anda melihat didikan ini baik untuk jangka panjang maka harus belajar bersabar juga.

Sifat dan tingkah laku anak tidak akan berubah dalam sekejap mata, diperlukan waktu dan kedisplinan sendiri dari orang tua agar semua itu dapat terwujud.

5.Memberikan penjelasan mengapa permintaan mereka tidak dipenuhi

Ma, pengen permen.. tidak boleh titik

Pa, pengen makan ayam.. tidak boleh titik

Ada sebab ada alasan, sebaiknya dibalik penolakan anda menyelipkan alasan mengapa menolak. Agar anak mengetahui kenapa dan tidak kecewa terlalu lama. Kenapa tidak boleh makan permen? Mungkin karena si kecil lagi batuk atau seharian telah over dalam mengkonsumsi permen.

Dengan kebiasaan seperti ini dapat merangsang pikiran si kecil untuk bertumbuh karena mengajarkan mereka ternyata ada sesuatu hal yang baik dibalik sebuah penolakan yang dilakukan oleh orang tua.

6.Jangan mudah terbawa suasana di saat si kecil sedang manja

Tega ga sih saat melihat si kecil melihat mata kita dengan tatapan tanpa dosa di saat mereka menginginkan sesuatu? Jawabannya yah mau nda mau harus tega, selama itu demi kebaikan anak mengapa tidak. Tak jarang si kecil akan menjadi lebih manja ketika mereka menginginkan sesuatu, hal tersebut sangat wajar terjadi.

Tapi apabila anda membiasakan hal seperti ini terus-menerus maka bisa jadi ke depannya mereka akan menjadikan manja sebagai “senjata”. Karena di dalam pikiran mereka telah tertanam dengan manja mereka dapat mendapatkan apa yang diinginkan.

Baca ini : Cara mengatasi anak yang sedang mimisan

7.Mengajarkan sejak dini pada anak tentang bedanya kebutuhan dan keinginan

Kebutuhan berarti ada suatu manfaat yang bisa didapat dari sesuatu benda atau hal lainnya, sedangkan keinginan hanya bersifat sementara dan biasanya tidak banyak memberikan dampak bagi kehidupan sehari-hari. Di jaman yang serba canggih seperti sekarang ini tak sedikit anak yang mengenal medsos dan youtube, sehingga tak sedikit pula dari mereka tergiur dengan sesuatu yang tentunya belum tentu bermanfaat.

Ajarkanlah kepada anak bedanya kebutuhan dan keinginan agar anak tidak mudah menjadi lapar mata, tidak membiasakan mereka untuk boros dan tidak membuat mereka menjadi pribadi yang serakah karena keinginan tentunya tidak akan ada habisnya.

8.Mengajarkan si kecil untuk memberitahu alasan tentang apa yang diinginkan

Nah ini tidak kalah penting, selalu tanyakan mengapa mereka memerlukan sesuatu barang atau mainan sebelum memutuskan untuk membelinya. Hal ini erat berkaitan dengan point no.7

Biasanya apabila si kecil hanya ingin maka tidak ada alasan untuk membeli, biasanya karena sedang trend saja atau ikut-ikutan teman. Beda halnya dengan kebutuhan, misalnya si kecil pengen beli pensil mewarnai karena mereka sedang hobi dalam mewarnai. Tentunya semua balik lagi kepada aturan dan kebijakan yang diterapkan oleh masing-masing keluarga ya.

9.Membiasakan anak untuk menuntaskan kewajiban mereka

Masing-masing anak yang sedari kecil telah belajar menghargai dan menuntaskan kewajiban yang mereka miliki dipercaya bakal menjadi pribadi yang taat dan disiplin baik di dalam keluarga atau di lingkungan masyarakat, karena mereka telah diajarkan sedari kecil dan tentunya akan menjadi kebiasaan sehingga tidak susah untuk menerapkan nya dalam kehidupan sehari-hari.

Baca juga : Cara membatasi screen time anak

Menjadi manja pada usia dini tidak selamanya salah, tapi apabila sifat manja tersebut terbawa hingga dewasa dan susah untuk dihilangkan maka tentunya akan berpengaruh juga pada kehidupan sosialnya kelak. Tentunya semua balik lagi kepada orang tua dan keluarga masing-masing dalam mendidik anak. Saya percaya tidak ada orang tua yang mau anaknya untuk menjadi manja.

artikel-mendidik-anak-agar-tidak-manja

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *