Bahaya yang Mengintai dibalik Manisnya BOBA

PapiiLio – Sapa nih yang tidak tau dengan minuman manis satu ini? Minuman boba ini memiliki banyak sekali jenis varian dari boba milk tea, boba brown sugar hingga cheese tea dan tentunya masi banyak lagi. Minuman ini banyak sekali diburu oleh anak muda milenial yang senang mengikuti trend yang lagi hype, terbukti dengan panjangnya antrian apabila terdapat merk baru yang baru buka.

Disamping bisa melepaskan dahaga, tersedianya banyak toping jua terbukti bisa menarik penikmat minuman cantik buat bisa berakibat minuman favorit yang mampu dinikmati kapan saja.

bahaya-minuman-boba

Boba sendiri terbuat berdasarkan kombinasi tepung tapioca, gula

Tapi taukah anda dibalik manisnya minuman dan kenyalnya boba ternyata memiliki bahaya yang dapat mengganggu kesehatan??

Penyakit apa saja yang rawan anda dapatkan apabila mengkonsumsi minuman boba secara berlebihan?

1.Diabetes

Memang tidak hanya boba saja yang bisa menjadi pencetus penyakit satu ini. Terbukti jauh sebelum boba digandrungi, penyakit diabetes ternyata telah menjadi salah satu momok yang menakutkan. Tapi percayalah bagi anda yang meminum boba secara berlebih secara tidak sadar anda sedang menimbun gula di dalam tubuh dan memperbesar resiko mengidap penyakit yang satu ini.

Jangan mengira dengan usia anda yang masi muda akan mengurangi resiko terkena diabetes, sejauh ini menurut data WHO penderita diabetes dengan rentang usia remaja hingga dewasa telah mengalami peningkatan yang cukup signifikan. Bisa jadi hal ini dikarenakan pola makan yang sering mengkonsumsi junk food dan minuman manis.

Terus apa hubungan minuman boba dengan diabetes?

Dalam pembuatan 1 gelas minuman boba diperkirakan dapat menghabiskan 18-20 sendok teh gula, sedangkan untuk kebutuhan gula harian orang dewasa 8-11 sendok teh gula dan untuk anak-anak hingga remaja hanya memerlukan 5 sendok teh gula. Bisa anda bayangkan ya dengan meminum segelas boba saja telah melebihi batas harian gula yang diperlukan oleh tubuh. Sedangkan tidak mungkin dalam sehari anda hanya minum segelas boba tanpa makan yang lain bukan?

2.Obesitas

Percayalah bagi anda yang ingin menggemukkan badan bisa mencoba dengan minum boba setiap hari, karena dalam 1 gelas boba berukuran medium setara dengan 300-500 kalori. Sedangkan kebutuhan kalori orang dewasa dalam sehari berkisar 1500-2000 kalori ( tergantung tinggi badan dan berat badan ). Jadi dengan meminum segelas boba saja, kalorinya telah sebanding dengan satu porsi makan siang lengkap dengan lauk pauk.

Tidak mungkin kan anda mengganti makan siang dengan segelas minuman boba? Biasanya minuman boba sendiri akan dijadikan dessert setelah makan, bisa dibayangkan berapa kalori yang anda konsumsi dalam satu kali sesi makan. Dan apabila diulangi secara terus menerus pola makan seperti ini pasti akan meningkatkan berat badan.

3.Meningkatkan resiko asam urat hingga penyakit jantung

Kembali lagi pada tingginya kandungan gula yang terdapat di dalam 1 gelas minuman boba. Dengan mengkonsumsi minuman terlalu manis secara berlebihan dalam sehari ternyata dapat meningkatkan resiko hingga 2x lebih tinggi terkena asam urat hingga penyakit jantung. Jadi sebaiknya dibatasin ya bagi anda yang memang senang mengkonsumsi minuman atau makanan yang manis-manis.

Baca juga :

  • Stop merokok sekarang juga sebelum anda sakit seperti ini
  • Pentingnya breakfast sebelum memulai hari
  • Mengejutkan, ternyata hal ini yang menyebabkan perut anda buncit

Tips-tips dalam meminum boba agar menjadi sedikit lebih menyehatkan

Bagi anda yang sudah terbiasa mengkonsumsi minuman ini mungkin akan sulit untuk merubah kebiasaan tersebut bukan, tapi alangkah baiknya anda merubah sedikit apabila anda aware terhadap kesehatan anda di kemudian hari. Karena segala sesuatu yang dikonsumsi secara berlebihan tidak akan memiliki dampak yang baik juga bagi tubuh kita bukan.

1.Less sugar

Usahakan saat memesan untuk meminta mengurangi gula, memang tidak akan seenak seperti biasanya. Tapi percayalah dengan langkah kecil seperti ini akan membantu kita dalam mengurangi konsumsi gula harian agar tidak berlebih terlalu banyak.

2.Memilih ukuran yang paling kecil

Kalau anda bisa mengkonsumsi beberapa kali dalam seminggu, sebaiknya dalam satu kali minum memilih ukuran yang paling kecil. Enak dan manisnya minuman boba hanya sebatas mulut dan tenggorokan saja. Setelah melewati tenggorokan yang tersisa hanya resiko penyakit-penyakit nya saja.

3.Tidak terlalu banyak menambah topping

Semakin banyak toping yang dipilih akan semakin menambah kalori dan gula. Sebaiknya anda tidak terlalu serakah dalam memilih topping, penjual bubble tea boba tidak akan tutup keesokan hari. Jadi anda masi memiliki banyak waktu bukan untuk mencoba masing-masing toping yang disediakan.

Lebih bijaklah dalam memilih makanan dan minuman yang dimasukkan ke dalam tubuh. Tidak ada larangan bagi anda yang senang mengkonsumsi minuman manis, tapi alangkah baiknya apabila ditakar sesuai dengan kebutuhan saja. Karena ujung-ujungnya toh kesehatan anda sendiri yang akan ditukar dengan manis dan kenyal nya minuman boba.

artikel-bahaya-minuman-boba

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *