Berat Badan Anak Susah Naik, Gimana Cara Menaikkannya?

Saya telah acapkali memberi makan anak tapi kog berat badan nya nir naik-naik ya?

Pertanyaan contohnya ini sudah seringkali kali kita dengarkan bukan. Namun apakah anda pernah bertanya ke diri sendiri mengenai :

Sudah cukupkah aku memberikan gizi & nutrisi kepada anak?

Sebagai salah satu ukuran biasanya dilihat dari berat badan anda apakah normal sesuai dengan perkembangan usianya.

Pentingnya asupan gizi

Jangan marah-marah kepada anak yang tidak mau makan, coba dicari tahu penyebab dibalik anak anda tidak mau makan. Bisa jadi dari jenis makanan yang tidak dia sukai

Gejala underweight atau berat badan kurang apa saja yang perlu diwaspadai oleh orang tua?

Kalau dari tampilan fisik yang jelas terlihat oleh mata awam tentu saja anak akan terlihat kurus, dikarenakan gizi yang tidak seimbang dengan yang diperlukan tentu saja akan menimbulkan efek ke badan.

Apabila anak anda hanya kurus tapi terlihat sehat bisa jadi itu merupakan bawaan genetic dari orang tuanya, tapi mulailah waspada apabila anak anda kekurusan disertai dengan gejala2 seperti dibawa ini, antara lain adalah :

1. Sering terlihat lemas saat melakukan aktivitas

2. Gampang kelelahan

3. Rambut gampang rontok

4. Sering terkena penyakit

5. System kekebalan tubuh yang rendah

6. Susah konsentrasi

7. Gampang lupa

8. Tumbuh kembang lambat

Sampai hari ini masi banyak sekali orang tua yang menganggap remeh kurangnya berat badan pada anak.

Baca juga : Cara merawat bayi baru lahir

Kira2 orang tua tau tidak ya kira2 apa saja yang menjadi penyebab dari berat badan anak kurang? 1. Genetic orang tua

Sangat sering terjadi bahwa anak mengikuti fisik orang tua, entah itu menurun dari ayah atau ibu. Tapi perlu diketahui perlu diketahui bedanya kurus karena turunan atau kurus karena kurangny asupan gizi ya.

2. Terserang penyakit

Saat sakit tentu saja tubuh kita akan merasakan hal yang tidak nyaman, bisa dikarenakan virus maupun bakteri. Biasanya hal ini akan menyebabkan turunnya nafsu makan, saat anak malas makan tentu saja akan mempengaruhi asupan gizi dan nutrisi harian nya juga.

3. Metabolism cepat

Apabila anak anda termasuk tipe yang memiliki metabolism cepat memang terkadang susah untuk menjadi gemuk, dikarenakan lancarnya tubuh dalam memproses makanan yang masuk ke dalam tubuh sehingga tidak sempat lagi ditimbun menjadi lemak yang berlebih.

Baca juga : Kenali gejala autis sejak dini

Berikut ini beberapa cara yang bisa orang tua coba terapkan kepada anak anda apabila merasa berat badan pada anak anda masi belum di batas yang normal :

1. Cobalah merubah pola makan pada anak

Sering ditemui orang tua yang memberikan makan pada anak ny 2 sampai dengan 3x sehari, pola makan seperti ini paling popular. Bisa saja anak anda tidak terlalu suka dengan porsi yang harus dihabiskan dalam seketika, cobalah untuk merubahnya bisa dicoba dengan membagi porsi makanan dalam jumlah yang lebih sedikit tapi sering.

2. Memberikan makanan yang kaya nutrisi dan gizi

Porsi makan yang banyak belum tentu kaya akan kandungan nutrisi, begitu juga sebaliknya dengan porsi makan yang sedikit tidak bisa kita asumsikan rendah gizinya. Cukupi kebutuhan nutrisi harian anak anda dengan tidak melupakan karbohidrat, protein, lemak baik, serta cairan tubuh.

3. Menambahkan camilan

Coba memberikan camilan organic yang sehat dan alami untuk meningkatkan nafsu makan anak. Bisa dengan memberikan buah-buahan, kacang-kacangan, atau sayur-sayuran. Camilan dengan kandungan karbohidrat dan tinggi protein juga bisa menjadi alternative lain.

Sangat sering

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *