CARA CEPAT MENGHILANGKAN KAKI BENGKAK PADA IBU HAMIL

Bagi bunda yang sedang mengandung acapkali mengalami kaki bengkak. Perlukah di waspadai??

Apa kira2 yg menjadi penyebabnya?

Pembuluh darah akbar pada area pangkal paha menerima tekanan dari bayi yg berada di pada kandungan. Semakin akbar usia kandungan umumnya akan terjadi pembengkakan kaki. Tapi buat mak hamil damai saja ya dikarenakan kondisi ini relatif normal dalam waktu hamil, dan akan hilang memakai sendiri ny sesudah melahirkan.

Berikut beberapa cara supaya kaki bengkak pada bunda hamil lebih cepat balik normal :

1. Lakukan olahraga ringan

Bisa memakai jalan kaki, jogging ataupun yoga. Apabila anda tidak punya waktu berolahraga sanggup pula memakai mengangkat kaki ke atas, yang berguna untuk melancarakan aliran darah di bagian paha, betis

2. Jangan melipat kaki saat duduk

Melipat kaki saat duduk bisa menghambat peredaran darah pada bagian kaki kita. Usahakan duduk dengan kaki lurus untuk menghindari varises.

3. Banyak minum air putih

Ini merupakan cara alami yang paling mudah dilakukan untuk mengurangi kaki bengkak. Air berfungsi melarutkan zat2 tidak baik yang tidak diperlukan di dalam tubuh.

Baca juga : Cara menurunkan berat badan setelah melahirkan

4. Kurangi konsumsi garam

Konsumsi garam secukupnya saja. Dikarenakan dengan mengkonsumsi garam berlebih terbukti dapat menyebabkan edema, dimana menyebabkan kaki menjadi bengkak.

5. Pakai sepatu yang nyaman

Jangan menggunakan sepatu yang kesempitan dikarenakan akan membuat kaki kita tidak bisa mendapatkan sirkulasi udara yang diperlukan, sehingga akan menambah parah pembengkakan pada kaki ibu hamil.

6. Pijatan kaki

Gunakan minyak yang mempunyai efek untuk menenangkan, pijatan kaki bisa dilakukan secara rutin dan berkala selama 10-20menit perharinya. Berguna untuk melancarakan peredaran darah di area kaki.

Seiring dengan bertambahnya usia kandungan tentu saja semakin berat beban yang dikandung ibu hamil. Pastikan memenuhi asupan kalsium agar tulang tidak cepat keropos, dan jangan lupa juga untuk meminum vitamin/suplemen yang menunjang untuk kehamilan.

Waspadai apabila pembengkakan pada kaki disertai dengan gejala-gejala seperti ini

  • Bengkak yang disertai dengan rasa sakit
  • Sakit kepala yang berkepanjangan
  • Tekanan darah naik saat masa kehamilan
  • Nyeri pada dada
  • Kesulitan bernafas

Segera konsultasikan dengan dokter kandungan anda apabila merasakan gejala-gejala seperti di atas.

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *