DEFISIT KALORI DAN KALORI SURPLUS?!

Kalori deficit  dan kalori surplus ?!

Apa yang dimaksud kalori deficit?

Kalori deficit adalah moment dimana tubuh kita mengonsumi kalori lebih rendah dibanding kebutuhan kalori yang diperlukan oleh tubuh kita. Berbanding terbalik dengan kalori surplus dimana tubuh kita kelebihan didalam mengonsumsi kalori yang diperlukan tubuh.

Apa yang dimaksud dengan kalori itu sendiri? Simple ny kalori adalah bahan bakar yang diperlukan tubuh kita sebagai bahan bakar agar fungsi organ2 tubuh kita dapat berjalan sebagai mana mestinya.

Fyi : 7500 kalori kurang lebih setara dengan 1kg berat tubuh, bila anda dapat memangkas 250 kalori tiap hariny maka kurang lebih dalam sebulan anda bisa mengurangi berat badan 1kg. Menurut penelitian idealnya dalam 1bulan kita hanya menurunkan berat badan 2-3kg.

Kalori deficit tanpa olahraga?

Tentu saja bisa caranya dengan memperhatikan asupan makro nutrisi yang dikonsumsi sehari hari. Tapi bila anda ingin hasil yang maksimal bisa disertai dengan olahraga. Karena seperti yang kita ketahui olahraga dapat membantu memangkas kalori kita, dan efek samping dari olahraga juga dapat menyehatkan bagi tubuh kita.

Baca juga : Cara diet OCD yang baik dan benar

Kalori deficit yang baik

Alangkah baikny kita hanya memangkas 10%-20% dari kebutuhan kalori harian yang diperlukan oleh tubuh kita. Semisal tubuh kita perlu 3000 kalori per hari ( baikny kita mengurangi 300-600kalori ).

Mengapa demikian? Karena spt sudah saya singgung di atas kita memerlukan kalori untuk aktivitas kita sehari-hari seperti bernafas atau bergerak.

Cara menghitung kalori deficit

Banyak sekali cara yang bisa kita lakukan untuk menghitung kalori harian yang kita butuhkan, bisa dengan berkonsultasi dengan dokter gizi ataupun dengan calculator kalori yang bisa kita dapatkan dari internet.

Baca juga : Cara diet Keto yang baik dan benar

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *