Hamil Muda, Berikut Ciri-ciri dan Mitos-mitos nya

Anda sedang hamil muda? Sebelumnya aku ucapakan selamat ya, semoga sehat & lancar sampai masa melahirkan. Amin.

hamil-muda

Dibawah ini beberapa ciri anda sedang hamil muda, angka berapa saja yg anda rasakan?

  • Kram di bagian perut bagian bawah, mirip rasa ny dengan gejala PMS yang dirasakan tiap bulan. Tapi terkadang hal ini diiringi dengan bercak atau flek darah yang berwarna agak pink, berbeda dengan darah sewaktu PMS.
  • Ngidam, tidak ada penjelasan secara ilmiah yang dapat menjelaskan secara pasti apa penyebab dari ngidam. Bisa jadi bawaan ibu ataupun bawaan bayi. Apabila bumil mengalami yang namanya ngidam, selama itu masi masuk akal dan tidak mengganggu kesehatan ibu dan janin tidak ada salahnya dituruti.
  • Sering buang air kecil, sangat wajar terjadi dikarenakan kantung Rahim mulai membesar ya sehingga akan menekan ke bagian kantung kemih. Usahakan kamar tidur tidak jauh dengan toilet ya, untuk menghindari kelelahan berlebih akibat bolak-balik toilet.
  • Morning sickness, biasa dialami bumil di trimester awal kehamilan. Sebenarnya morning sickness bukan hanya terjadi di pagi hari saja, berbeda dengan sebutannya morning sickness adalah gejala mual dan muntah yang biasa terjadi saat kehamilan.
  • Mood tak menentu, ini satu lagi yang terjadi akibat perubahan hormonal tubuh saat hamil. Hal ini kurang lebih sama dengan saat wanita menstruasi. Bagi para suami dan calon ayah harap bersabar dan berbesar hati ya dalam mengatasi hal ini.
  • Sering lemas dan pusing, hal ini terjadi dikarenakan pada saat hamil maka hormone di dalam tubuh akan mengalami perubahan sehingga membuat tekanan darah cenderung turun sehingga dapat menyebabkan tubuh lemas sampai kepala pusing.
  • Penciuman lebih sensitive, menurut penelitian hal ini disebabkan volume darah saat hamil meningkat 50%, sehingga meningkatkan respon menuju otak yang turut serta mempengaruhi respon terhadap penciuman. Biasanya yang menjadi korban disini adalah suami, biasanya sebelum hamil senang dengan aroma tubuh suami biasa berbalik 180 derajat menjadi benci. Tapi hal ini belum tentu terjadi pada setiap wanita yang sedang hamil muda ya.
  • Sembelit, perbanyak minum air putih dan konsumsi makanan tinggi serat cukup terbukti ampuh untuk menangani masalah yang satu ini. Dikarenakan Rahim membesar dan menekan usus maka hal seperti ini bisa menjadi penyebab dari sembelit bumil.
  • Perubahan pada payudara, terasa lebih sensitive saat disentuh dan perlahan daerah di sekitar putting ( areola ) akan lebih membesar. Hal ini dipersiapkan tubuh untuk memproduksi asi dan kegiatan menyusui.

Baca juga :

  • Kesalahan yang sering dilakukan bumil yang tidak baik bagi janin
  • Cara menghilangkan kaki bengkak saat hamil

Mitos-mitos yang sering terdengar saat menjalani hamil muda :

Benarkah saat hamil muda tidak boleh makan durian?

makan-durian-saat-hamil-muda

Sejauh ini penelitian tidak ada yang melarang secara pasti bahwa makan durian akan menyebabkan efek negative kepada ibu hamil maupun janinnya. Tetapi perlu diketahui bahwa di dalam durian terkandung alcohol, kolestrol dan kadar gula yang tinggi, sehingga untuk di konsumsi dalam jumlah banyak tentunya akan kurang baik bagi tubuh karena bisa menyebabkan kolestrol, diabetes, hipertensi serta preeklamsia.

Benarkah saat hamil muda tidak boleh makan nanas?

makan-nanas-saat-hamil-muda

Ini juga termasuk salah satu mitos ya, selama tidak mengkonsumsi dengan jumlah yang berlebihan makan nanas masih aman bagi bumil dan janinnya. Nanas termasuk buah yang mengandung vitamin C yang terbukti baik bagi tubuh dan juga memiliki serat yang tinggi.

Benarkah saat hamil muda tidak boleh minum air kelapa?

minum-kelapa-saat-hamil-muda

Selama yang diminum air kelapa murni yang langsung berasal dari buahnya ternyata boleh-boleh saja. Yang tidak diperbolehkan adalah air kelapa instant atau yang telah melalui proses pengolahan dikarenakan tidak diketahui bahan-bahan apa saja yang telah dicampurkan. Bahkan ternyata air kelapa murni terbukti memiliki banyak manfaat yang menunjang selama masa kehamilan lho.

Benarkah saat hamil muda tidak boleh naik pesawat?

Sebenarnya hal ini cukup aman dilakukan selama kondisi ibu dan kandungan dalam kondisi yang sehat-sehat saja. Periksakan terlebih dahulu kepada dokter kandungan anda sebelum bepergian dengan menggunakan pesawat. Hindari penerbangan yang memakan waktu lama dikarenakan di dalam pesawat anda harus duduk dalam waktu yang lama, dan tidak lupa juga mengkonsumsi banyak air putih.

Benarkah saat hamil muda tidak boleh keputihan?

Keputihan selama hamil cukup normal terjadi disebabkan meningkatnya kadar estrogen. Selama tidak mengalami perubahan warna yang disertai gejala-gejala yang tidak normal hal seperti ini tidak perlu dikhawatirkan. Periksakan ke dokter apabila sudah mengalami tanda-tanda bakal terjadinya infeksi.

intinya saat hamil muda tidak perlu memusingkan mitos-mitos yang sekiranya tidak masuk akal dan tidak didukung oleh penjelasan ilmiah yang telah terbukti valid.

Please share artikel ini apabila dianggap cukup memberikan pencerahan, terima kasih.

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *