Kabut Asap Kalimantan Timur, Menutupi Calon Ibu Kota Indonesia Yang Baru

Calon bunda kota baru tertutup kabut asap

kebakaran-hutan-kabut-asap

Sekarang ini di Kalimantan Timur sedang terjadi kebakaran hutan

Ternyata menurut data yang diterima  Kalimantan Timur banyak mendapatkan asap kiriman dari daerah sekitar seperti Kalimantan Barat, Kalimantan Selatan dan Kalimantan Tengah dikarenakan titik api di bagian tersebut lebih banyak dibanding Kalimantan Timur.

Hal ini berdampak pula terhadap aktivitas di bandara APT Pranoto yang berada di Samarinda, bandara ini terlihat sepi dibanding hari biasanya. Hal ini dikarenakan banyak nya penerbangan yang mengalihkan jadwal penerbangannya menuju Balikpapan dikarenakan kabut asap menyebabkan jarak pandang tidak memadai untuk melakukan penerbangan. Banyak nya penumpang yang sudah terlanjur membeli tiket membuat pihak maskapai melakukan Reschedule jadwal sampai dengan Refund biaya pembelian tiket.

Berikut ini cara melindungi diri dari kabut asap :

  1. Kurangi atau berusaha menghindari aktivitas di luar ruangan, terlebih bagi anda yang mempunyai gangguan pernafasan atau penyakit jantung
  2. Minum air putih lebih sering
  3. Menggunakan masker
  4. Menjaga kebersihan tempat makan dan minum
  5. Pastikan kebersihan makanan dan minuman sebelum dikonsumsi
  6. Membiasakan diri dengan pola hidup sehat
  7. Usahakan agar polusi di luar tidak masuk ke dalam rumah
  8. Menjaga kondisi kebugaran tubuh agar tidak mudah terserang penyakit
  9. Segera periksakan kondisi bagi anda yang mengalami kesusahan dalam bernafas

Baca ini : Tips mengatasi anak yang mengalami sesak nafas

Dampak kesehatan akibat kabut asap

1.ISPA ( infeksi saluran pernafasan atas )

ISPA sendiri sebenarnya bukan disebabkan oleh kabut asap melainkan oleh virus. Tetapi polusi yang parah ternyata dapat memicu terjadinya gangguan pada system kekebalan tubuh sehingga akan lebih mudah terjangkit virus pada bagian paru dan pernafasan.

2.Asma

Selain disebabkan oleh factor genetic, asma juga dapat dipicu oleh buruknya kualitas udara yang anda hirup. Layaknya asap rokok yang dapat masuk lewat saluran pernafasan, kabut asap juga memiliki dampak yang kurang lebih sama.

3.Iritasi

Banyaknya partikel di dalam kabut asap sehingga dapat menyebabkan iritasi pada mata, hidung, tenggorokan dan bagian tubuh lainnya. Sehingga dapat menyebabkan alergi sampai dengan sakit kepala.

4.Penyakit jantung

Menurut penelitian di Universitas California tahun 2013 , apabila tubuh kita terpapar kabut asap dalam kurun waktu yang lama dapat meningkatkan resiko terkena stroke sampai dengan penyakit jantung.

5.Penyakit paru-paru

Tentunya kabut asap akan mempengaruhi kinerja paru-paru kita dikarenakan banyak nya partikel-partikel negative yang terkandung di dalam nya. Dalam kasus yang sudah parah dapat menyebabkan kematian.

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *