MANFAAT MENJEMUR BAYI BARU LAHIR DAN TIPSNYA AGAR TIDAK SALAH

Tips & Manfaat menjemur bayi pada pagi hari

Menjemur bayi yg baru lahir dalam bawah sinar mentari pagi ternyata mempunyai poly manfaat lho.

Sinar matahari membantu tubuh bayi untuk memproduksi vitamin D, selain itu membuat bayi lebih kebal terhadap penyakit dan membantu tubuh dalam proses penyerapan kalsium untuk pembentukan tulang dan juga gigi.

Inilah manfaat-manfaat yg didapat menurut menjemur bayi dalam pagi hari :

1. Menurunkan tingkat bilirubin yang menyebabkan bayi rawan kuning

dua. Kadar insulin tinggi, mampu terlindung berdasarkan resiko diabetes

tiga. Membantu pembekuan darah, memastikan pembekuan darah demi mencegah resiko pendarahan

4. Bayi lebih berenergi

5. Membantu produksi melatonin supaya pola tidur lebih teratur

6. Meningkatkan kesehatan syaraf lantaran sinar matahari kaya akan vitamin D

7. Bayi lebih bahagia , membuat serotonin atau hormon bahagia dalam tubuh

Baca jua : Tips merawat bayi baru lahir

Tips menjemur bayi di pagi hari :

1. Sebaiknya tidak menggunakan pakaian, cukup menggunakan popok saja. Fungsiny agar sinar matahari yang didapat merata di keseleruhan bagian badan. Bagian depan dan belakang kurang lebih dijemur selama 15menit. Jangan lupa menghindari kontak langsung mata bayi dengan sinar matahari dikarenakan bayi baru lahir memiliki mata yang sangat sensitive terhadap sinar.

2. Waktu terbaik sekitar pukul 07.00-09.00, dikarenakan sinar matahari pagi tidak terlalu banyak mengandung ultra violet yang dapat menyakiti kulit bayi. Apabila bayi memiliki kulit yang sensitive jangan dijemur terlalu lama untuk menghindari muncul bercak2 merah pada permukaan kulit

3. Hindari menjemur bayi terlalu lama, dikarenakan bisa mengalami peningkatan suhu tubuh berlebih pada bayi, gejala ini biasa disebut Hipertemi.  Gejala ini bisa menyebabkan gangguan metabolism organ tubuh, terutama bagian otak bayi.

4. Tidak perlu kontak langsung dengan sinar matahari, apabila lingkungan tempat tinggal anda banyak polusi bisa juga menjemur bayi di dalam ruangan kaca yang mendapat sinar matahari. Cukup sesuaikan suhu ruangan dengan kebutuhan bayi.

5. Bayi prematur tidak boleh dijemur, dikarenakan bayi premature lebih membutuhkan suhu tubuh yang stabil dibanding bayi normal lainnya. Alangkah baikny pada minggu2 pertama kelahiran tidak disarankan menjemur bayi premature di bawah sinar matahari untuk menghindari fluktuasi suhu tubuh bayi.

Baca juga : Waspada Autis pada si kecil, kenali ciri2nya!!

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *