Obesitas Pada Anak? Kenali Tanda-Tanda dan Bahayanya

obesitas-anak

Anak mengalami obesitas, Siapa yg patut disalahkan?

Obesitas merupakan kata lain berdasarkan kegemukan yg ditimbulkan kalori yang masuk dalam tubuh lebih besar dibanding kalori yang diharapkan. Jika terjadi dalam ketika yang usang tentu saja akan menjadi lemak

Mempunyai anak yang chubby dan gemesin tentu saja impian bagi setiap orang tua, tapi taukah anda anak yang gemuk belum tentu juga diiringi dengan kecukupan nutrisi yang baik? Bisa jadi kegemukan pada anak disebabkan makanan yang kurang sehat seperti gorengan ataupun junk food.

Anak yang kegemukan sejak usianya masi kecil ternyata mempunyai banyak resiko yang bisa mengganggu kesehatannya, ini beberapa contohnya :

  • Gangguan pernafasan saat tidur
  • Gangguan kesehatan mental
  • Gangguan pada kesehatan otot dan tulang
  • Diabetes mellitus
  • Asma
  • Meningkatkan resiko penyakit jantung

Tanda-tanda obesitas pada anak

Awalnya yang paling gampang terlihat tentu dari bentuk fisik yang mulai berubah

  1. Leher mulai tidak terlihat
  2. Lipatan lemak di area tangan dan pangkal paha
  3. Perut mulai membuncit
  4. Pipi menjadi chubby seperti bakpao

Kurang lebih tanda-tanda awal seperti di atas akan terjadi pada anak yang mengalami masalah pada berat badan. Setelah itu terjadi lama-kelamaan anak akan mulai lebih sering berkeringat dan malas begerak dikarenakan tubuh mulai terasa berat. Hal seperti ini tidak bagus juga bagi tumbuh kembang otot dan tulangnya dikarenakan beban tubuh yang berlebih.

Efek samping obesitas pada anak

Bisa menyebabkan anak rendah diri dan minder apabila mereka mendapatkan perlakuan yang berbeda dari teman-teman sebaya nya. Jaman sekarang marak sekali yang namanya bullying dan body shamming. Jangan sampai anak menjadi depresi diakibatkan bentuk fisik mereka berbeda.

stop-bully-anak-obesitas

Cara mencegah berat badan berlebih

  • Menyediakan makanan dengan gizi seimbang
  • Membiasakan anak makan sayur dan buah-buahan
  • Mengurangi konsumsi makanan tinggi gula
  • Membatasi makan gorengan dan junk food
  • Biasakan berolahraga secara rutin
  • Kurangi waktu menonton dan main gadget
  • Perbanyak aktivitas di luar ruangan
  • Waktu tidur yang berkualitas

Baca ini : Cara ampuh menurunkan berat badan dengan kalori defisit

Cara menangani anak yang mengalami obesitas

Dengan merubah pola hidup menjadi yang lebih sehat , pola pikir yang lebih baik dan pola makan yang berimbang tentunya.

Pola hidup sehat : Biasakan berolahraga atau mengajak anak melakukan aktivitas di luar ruangan. Jangan kurung anak di dalam rumah dengan keseharian menonton tv dan bermain gadget saja. Jangan takut anak kotor dan terkena sinar matahari apabila bermain diluar. Berdasarkan penelitian anak yang lebih sering bermain diluar akan lebih sehat dan kuat dibanding anak yang lebih sering berada di dalam rumah.

Pola pikir yang baik : Dengan memberikan edukasi tentang pentingnya menjaga makan dan kesehatan tubuh akan membantu mereka berpikir secara lebih dewasa. Memang tidak gampang tapi pembelajaran seperti ini malah akan membantu mereka kelak.

Pola makan yang berimbang : Anak kita tentu saja belum mengetahui apa itu gizi dan nutrisi, yang mereka pikirkan saat makan hanyalah apakah makanan ini rasanya enak atau tidak. Dalam hal ini diperlukan peran orang tua dalam membantu memilihkan atau memberikan makanan yang sekiranya baik dalam kandungan gizi.

Apakah anak saya telah mengalami obesitas?

Rujukan ap yang sekirany bisa digunakan oleh orang tua untuk melihat apakah anaknya mengalami obesitas atau tidak?

Coba perhatikan tabel di bawah ini

tabel-berat-badan-obesitas

Berdasarkan angka yang tertera di dalam tabel tersebut bisa di asumsikan berapa berat badan ideal anak berdasarkan usia dan tinggi badannya .

Baca juga : Cara ampuh menghilangkan lemak perut yang membandel

Apakah obesitas merupakan turunan?

Bisa jadi, factor genetic turut mempunyai andil dalam masalah obesitas pada anak. Anak yang lahir dari  orang tua yang mempunyai berat badan berlebih, cenderung akan mempunyai masalah yang sama juga dengan berat badannya.

Apakah sering minum soft drink dapat menyebabkan obesitas?

Dikarenakan soft drink mengandung pemanis buatan tentu saja akan berpengaruh terhadap berat badan kita apabila di konsumsi secara berlebihan. Biasanya minuman sejenis ini sering terdapat di tempat makanan cepat saji, minum soft drink dan junk food memang enak tapi jangan keseringan yah.

Apakah sering makan tengah malam akan menyebabkan obesitas?

Yes tentu saja. Perlu diketahui bukan hanya berat badan yang akan bertambah tetapi resiko menambahpenyakit juga aka nada apabila anda sering makan di tengah malam. Hal seperti ini bisa terjadi karena kalori yang masuk ke dalam tubuh di malam hari cenderung akan disimpan sebagai lemak.

Intinya segala sesuatu yang berkekurangan maupun berlebihan tidak akan baik bagi anak kita, usahakan segalanya sesuai dan seimbang.

Sekiranya artikel seperti ini bermanfaat bisa tolong di share ke teman-teman, mungkin saja ada yang lagi mencari artikel yang serupa, terima kasih.

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *