Raw Food, Pola Makan Yang Menyehatkan Sekaligus Merugikan

Apa yg dimaksud menggunakan pola makan raw food?

Di jaman sekarang makin banyak orang yang melek tentang caranya menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh. Baik dengan berolahraga ataupun dengan cara mengubah pola makan dari yang sebelumnya gemar makan junk food dan makanan berminyak beralih ke pola makan yang lebih menyehatkan.

pola-makan-raw-food

Mari kita bahas keliru satu pola makan yang sedang di gemari banyak orang, ya pola makan raw food.

Sebelum masuk ke materi utama ayo kita berkenalan dulu menggunakan yang namanya enzim

Enzim adalah? Dilansir menurut Wikipedia enzim adalah biomolekul berupa protein yg berfungsi menjadi katalis dalam suatu reaksi kimia organic. Molekul awal yg dipercaya substrat akan dipercepat perubahannya sebagai molekul lain yg dipercaya produk. Semua proses biologis sel memerlukan enzim agar dapat berlangsung memakai nisbi cepat pada suatu arah lintasan metabolism.

Mengapa kita membahas tentang enzim, karena enzim sendiri berkaitan erat dengan pola makan yg satu ini.

Pola makan raw food adalah pola makan yang menggunakan makanan mentah sebagai menu makan utama atau sehari-hari, mentah yang dimaksud disini adalah makanan yang minim pengolahannya yaitu dengan cara memanaskan makanan tidak lebih di atas kisaran 40-50 derajat celcius.

Perlu disadari menggunakan cara mengolah kuliner dengan suhu rendah misalnya itu diperlukan menjaga kebersihan & kesegaran berdasarkan bahan kuliner. Biasakan mencuci bahan makanan memakai air yang higienis.

Mengapa demikian? Dipercaya memakai tehnik memasak masakan contohnya itu nir bisa menghilangkan atau menghancurkan enzim alami yang terkandung dalam dalam makanan itu sendiri.

Apa impak rusak nya enzim alami pada dalam masakan memakai tubuh kita?

Ternyata tubuh kita akan bekerja lebih keras pada membuat enzim yang dibutuhkan oleh tubuh dikarenakan masakan yg kita konsumsi nir mempunyai enzim.

Dipercaya menggunakan mengadaptasi pola makan misalnya ini bisa membantu meningkatan pencernaan, penyerapan nutrisi oleh tubuh dan mengurangi resiko dari penyakit kronis.

Baca juga : Ternyata ini tipe diet yang buruk bagi tubuh kita

Apa saja yg dimakan sehari-hari? Sudah nisbi kentara menggunakan pengertian raw food bukan. Mari kita bahas lebih lanjut mengenai apa saja sih yang boleh kita konsumsi memakai mengikuti pola makan yg seperti ini

Yang boleh dikonsumsi :

Sayuran & buah-buahan segar

Sayuran

Biji-bijian

Daging

Ikan

Yogurt

Makanan yang telah di fermentasi

Susu nabati

Makanan yang tidak boleh dikonsumsi :

Semua makanan yang diolah dengan suhu berlebih

Makanan olahan

Kopi dan teh

Alcohol

Nasi

Pasta

raw-food-baik-buat-tubuh

Manfaat pola makan raw food bagi tubuh :

Meningkatkan metabolism tubuh

Menurunkan kolestrol

Menurunkan berat badan

Mengurangi asupan gula dan garam

Menyehatkan pencernaan

Membuat kulit lebih segar dan berkilau

Menyehatkan bagi jantung

Kerugian pola makan raw food :

Seperti yang kita ketahui ada beberapa jenis bakteri atau kuman di dalam makanan yang tidak bisa dihilangkan apabila tidak diolah dengan suhu tinggi. Jadi kita mesti lebih pintar-pintar dalam memilih jenis makanan apa saja yang akan kita konsumsi dengan jenis pola makan seperti ini.

Dibawah ini saya coba sertakan beberapa contoh makanan yang sebaiknya tidak dikonsumsi secara mentah :

  • Kacang almond
  • Kecambah
  • Terong
  • Sosis
  • Kentang
  • Kacang merah
  • Singkong

Baca juga : Masa bisa tanpa olahraga bisa kurus? Disini tipsnya

Kandungan nutrisi tidak seimbang, dengan pola makan seperti ini meningkatkan resiko kekurangan protein, kalsium hingga zat besi yang dapat menyebabkan :

  1. Otot dan tulang menjadi lebih lemah
  2. Menyebabkan kerusakan pada gigi
  3. Menyebabkan kerontokan rambut

Cara mengolah makanan :

Blender

Biasa digunakan untuk mengolah makanan yang bertekstur sedikit lunak dan memiliki banyak kandungan air. Dengan menggunakan blender bisa dengan cara membuat jus ataupun smoothie.

Food processor

Berbeda dengan blender, food processor berguna untuk memproses bahan makanan yang mempunyai tekstur lebih padat dengan kadar air yang cukup rendah.

Dehydrator

Berfungsi untuk mengeringkan makanan

Apabila artikel tentang Raw Food ini bermanfaat, tolong dibantu share ke teman-teman mungkin ada yang lagi ingin mencoba, terima kasih.

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *