Ternyata Begini Caranya Menghadapi Anak yang Terlalu Aktif

PapiiLio – Dapat melihat tumbuh kembang anak merupakan hal yang membahagiakan bagi kedua orang tua, terlebih lagi pertumbuhan anak semuanya normal dan tidak ada kendala yang berarti. Pada saat anak telah mulai bisa berjalan, berbicara, sangat aktif dan tidak bisa diam disinilah kadang orang tua akan menjadi kelimpungan dan kebingungan dalam mengatasinya. Selain diperlukan banyak energi dalam menjaga anak tentunya juga diperlukan ekstra kesabaran dalam mengatasi semua tingkah laku anak yang aktif. Semoga beberapa tips di bawah ini dapat membantu

cara-menjaga-anak-yang-terlalu-aktif

Tips Menghadapi anak yang terlalu aktif :

  • Orang tua wajib membuat peraturan yang harus ditaati oleh anak, selain itu harus diterapkan secara konsisten dan juga terdapat konsekuensi apabila ada yang melanggar peraturan tersebut. Gunanya membuat peraturan agar anak tumbuh menjadi pribadi yang disiplin.

  • Perbanyak interaksi dan meluangkan waktu bersama dengan si kecil akan sangat membantu bagi anak, karena tipikal anak yang aktif akan cenderung banyak bertanya dan tugas dari orang tua tentu memberikan penjelasan dan arahan.

  • Memiliki lingkungan tempat tinggal yang aman dan nyaman akan sangat membantu untuk menghindari hal yang tidak diinginkan, tak mungkin orang tua dapat memonitor kegiatan anak selama 24 jam terlebih bagi anda yang mempunyai anak yang cenderung aktif dan tidak bisa diam. Terkadang rasa lelah melanda atau ada sesuatu yang harus dilakukan semisal memasak ataupun ingin pergi ke toilet, jadi dengan membuat rumah yang aman dan nyaman sangat diwajibkan.

  • Menghindari kata-kata yang memiliki makna negatif, tak selamanya orang tua dapat sabar dalam mengtasi tingkah laku dan perbuatan yang dilakukan oleh anak-anak. Walaupun tidak bermaksud buruk tapi terkadang bisa saja orang tua bakal keceplosan, sebaiknya menghindari kata-kata yang berkonotasi negatif seperti “anak nakal” atau “anak bandel” dan sejenisnya. Sebaiknya merubah dengan kata-kata yang bermakna positif sehingga anak akan lebih terbiasa menggunakan kata-kata yang baik pula.

Baca juga

  1. Apa itu Tiger Parenting?
  2. Pentingnya makan bersama di meja makan
  3. 10 Hal sederhana yang dapat membuat anak menjadi bahagia

  • Memberikan pujian saat anak bersikap baik, tak perlu setiap gerak-gerik anak dipuji ya. Tapi sekali-kali memberikan pujian dan tepukan tangan saat anak melakukan sesuatu yang baik akan membantu meningkatkan kepercayaan diri anak dan bisa membuat mereka senang melakukan hal yang serupa.

  • Menyiapkan aktifitas anak agar dapat menyalurkan energi mereka, bisa dengan berolahraga ataupun bermain yang dapat mengasah kemampuan fisik dan otak seperti bermain lego atau clay. Pilihlah olahraga yang sesuai dengan minat dan bakat anak, selain menyehatkan orang tua juga dapat mengambil waktu untuk beristirahat sejenak.

  • Memberikan arahan dan kepercayaan kepada anak merupakan salah satu cara dalam mendukung anak berkembang menjadi pribadi yang baik dan mandiri. Dengan melatih sejak usia dini bakalan membuat anak lebih terbiasa dan akan terbawa hingga usia mereka dewasa.

  • Menyiapkan obat-obatan atau kotak p3k sangat disarankan karena bisa saja si kecil terbentur, terjatuh atau terluka di saat mereka sedang bermain atau melakukan sesuatu.

Memiliki anak yang aktif dan banyak bertanya dapat membuat rumah menjadi ramai dan lebih berwarna, tapi juga dapat menyebabkan kelelahan bagi orang tua. Tapi ya itulah seninya dalam menjaga anak, banyak juga moment-moment lucu yang sayang untuk dilewatkan.

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *