Usia Berapa Bayi Mulai Belajar Merangkak? Pentingnya Dalam Tumbuh Kembang

Fase-fase bayi belajar merangkak

bayi-belajar-merangkak

  1. Sebelum masuk dalam tahapan merangkak bayi pastinya terlebih dahulu bisa tengkurap dan terlentang dengan sendirinya.
  2. Setelah rajin tengkurap dan guling-guling biasanya bayi juga akan mulai berusaha bergerak kesana kemari tanpa arah tujuan menggunakan semua bagian badannya dari ujung kepala sampai ujung kaki.
  3. Apabila bayi dalam posisi tengkurap telah bisa mengangkat kepala dan membusungkan dadanya dengan cukup tinggi, ini merupakan tanda-tanda awal bahwa keseimbangan dan kekuatan tangan serta kaki mulai makin berkembang dan telah siap untuk merangkak.
  4. Biarkan bayi kita belajar sendiri tentang caranya merangkak. Bagusnya disini adalah bayi akan turut serta belajar caranya memecahkan permasalahan. Orang tua cukup menjaga dan memperhatikan, serta memberikan tempat yang baik dan nyaman dalam tahapan proses belajar ini.

Usia bayi saya sudah seharusnya mulai merangkak, tapi kog belum bisa-bisa ya?

Dikarenakan tumbuh kembang bayi berbeda-beda jadi tidak bisa disamakan ya dengan bayi yang lain, ada yang merangkak duluan baru bisa duduk dan begitu pula sebaliknya. Jadi tidak perlu khawatir dan nikmati saja masa tumbuh kembang anak.

Apabila masi khawatir dibawah ini saya sertakan beberapa tips yang mungkin bisa membantu bayi anda agar bisa merangkak lebih cepat

1.Tummy time

Bagi bayi yang belum bisa tengkurap dengan kekuatan sendiri, bisa dicoba nih melatih dengan cara satu ini, paling nda 10-15 menit dalam satu sesi. Bisa diulangin beberapa kali dalam sehari.

Apa gunanya tummy time?

  • Untuk melatih bayi terbiasa dengan posisi tengkurap
  • Setelah itu untuk membiasakan bayi menegakkan kepalanya
  • Dan juga tummy time ini bisa membantu melatih otot perut bayi di saat tengkurap.

Cara ini telah saya coba dan terbukti cukup efektif dalam mempercepat proses belajar bayi merangkak.

2.Pancing dengan benda yang dia sukai

Terkadang bayi memiliki ketertarikan terhadap benda-benda disekitarnya. Untuk anak anda yang baru saja belajar merangkak bisa dengan menggunakan cara ini untuk memancing si bayi agar bergerak kearah anda untuk mengejar barang yang dia sukai.

3.Jangan belajar di tempat yang keras dan tidak nyaman

Bayi yang baru  belajar merangkak pastinya belum punya kekuatan dan keseimbangan tubuh yang langsung baik. Akan sering terjadi jatuh, kepala terjedut, atau membentur. Hal ini wajar saja terjadi, oleh karena itu pentingnya keamanan dan kenyamanan sanagat diutamakan.

Baca juga :

  • Pentingnya bersendawa pada bayi
  • Manfaat menjemur bayi di pagi hari

Bayi saya sudah bisa merangkak nih. Tapi kog merangkaknya mundur ya?

Belajar merangkak kurang lebih sama dengan belajar menyetir mobil. Selain harus bisa maju, kita juga harus bisa mundur bukan. Hal ini juga yang terjadi pada bayi kita yang baru mulai belajar merangkak. Bukan berarti merangkak mundur menandakan bahwa bayi anda tidak normal ya. Entah bisa maju atau mundur duluan, pastikan anak anda untuk bisa keduanya.

Mana yang lebih dulu? Merangkak apa duduk?

bayi-duduk-dan-merangkak

Sebenarnya tahapan ini tidak terlalu perlu untuk dipusingkan bagi orang tua, cukup menikmati masa-masa tumbuh kembang bayi dengan segala tingkah laku dan kelucuannya sudah sangat menyenangkan.

Biasanya dalam usia 5-8 bulan, bayi telah bisa duduk dengan posisi yang baik tanpa perlu dibantu maupun ditopang. Pada usia ini kurang lebih sama dengan usia dia belajar merangkak bukan. Maka dari itu tidak perlu khawatir apabila anak anda duluan bisa duduk ap merangkak terlebih dahulu.

Yang penting adalah anak anda bisa kedua-duanya.

Apa yang terjadi pada bayi yang skip fase merangkak?

Hal ini bisa saja terjadi, tapi perlu diketahui dalam tahapan tubuh kembang anak setiap fase memiliki kebaikan dan tujuan masing-masing. Oleh karena itu sebisa mungkin orang tua bisa memperhatikan tubuh kembang anak-anaknya agar tidak ada yang terlewat. Pada anak yang melewati fase merangkak biasanya akan mengalami sedikit kendala di bagian motoric ataupun keseimbangan nya. Mengapa bisa demikian? Mari kita simak dibawah ini

Fakta-fakta tentang bayi merangkak :

  1. Biasanya bayi akan mulai belajar merangkak di usia sekitar 6-10 bulan
  2. Anak yang bisa merangkak sejak masi bayi diketahui badannya akan lebih kuat dibanding yang tidak merangkak di saat bayi
  3. Merangkak akan membantu keseimbangan bayi
  4. Merangkak melatih saraf motoric pada bayi
  5. Merangkak melatih keseimbangan otak kanan dan otak kiri

Baca juga : Pentingnya memberikan asi Ekslusif sejak usia dini

Segera konsultasikan ke dokter apabila pada usia 9-10 bulan bayi anda belum bisa merangkak, bisa jadi karena beberapa hal seperti ini :

  • Kurang gizi
  • Kurang stimulasi
  • Tumbuh kembang lambat
  • Gangguan keseimbangan
  • Obesitas

Apabila artikel tentang bayi merangkak ini dirasa cukup penting dan informative, silahkan di share ke teman-teman dan orang banyak ya. Mungkin saja berguna bagi yang sedang membutuhkannya, terima kasih.

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *